Minggu, 06 September 2009

making green habits for green planet


Salam greener...
Saya sengaja membuat menu khusus "green corner" sekedar untuk menyalurkan keprihatinan sekaligus idealisme saya terhadap kondisi lingkungan hidup dunia hari ini. Tulisan ini merupakan tulisan pertama saya dan mohon dimaafkan karena masi banyak kekurangan disana sini.

Masalah lingkungan hidup telah menjadi masalah global bagi umat manusia oleh karena keserakahan manusia dalam mengelola sumber daya alam secara berlebihan. Akibat Eksploitasi berlebihan manusia terhadap bumi mengakibatkan banyak hal negatif seperti pemanasan global (global warming), cuaca ekstrim, polusi dll. Ditambah dengan semakin meningkatnya populasi manusia jelas berdampak pada meningkatnya frekuensi eksploitasi terhadap bumi. Menurut perserikatan bangsa-bangsa (PBB) bahwa diperkirakan jumlah penduduk bumi pada tahun 2012 akan mencapai 7 (tujuh milyar). Tentunya jumlah tersebut akan berdampak pada tingginya konsumsi energi,pembukaan lahan baru, peningkatan jumlah sampah, pemakaian kendaraan bermotor, dll.
Menurut panel PBB untuk perubahan iklim atau United Nations Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) emisi gas rumah kaca mengalami kenaikan 70 persen antara 1970 hingga 2004. Konsentrasi gas karbondioksida di atmosfer jauh lebih tinggi dari kandungan alaminya dalam 650 ribu tahun terakhir. Rata-rata temperatur global telah naik 1,3 derajat Fahrenheit (setara 0,72 derat Celcius) dalam 100 tahun terakhir. Muka air laut mengalami kenaikan rata-rata 0,175 centimeter setiap tahun sejak 1961. Sekitar 20 hingga 30 persen spesies tumbuh-tumbuhan dan hewan berisiko punah jika temperatur naik 2,7 derajat Fahrenheit (setara 1,5 derajat Celcius). Jika kenaikan temperatur mencapai 3 derajat Celcius, 40 hingga 70 persen spesies mungkin musnah. Pada 2020, 75 juta hingga 250 juta penduduk Afrika akan kekurangan sumber air, penduduk kota-kota besar di Asia akan berisiko terlanda banjir dan rob. Di Eropa, kepunahan spesies akan ekstensif. sementara di Amerika Utara, gelombang panas makin lama dan menyengat sehingga perebutan sumber air akan semakin tinggi. Kondisi cuaca ektrim akan menjadi peristiwa rutin. Badai tropis akan lebih sering terjadi dan semakin besar intensitasnya. Gelombang panas dan hujan lebat akan melanda area yang lebih luas. Risiko terjadinya kebakaran hutan dan penyebaran penyakit meningkat. Sementara itu, kekeringan akan menurunkan produktivitas lahan dan kualitas air. Kenaikan muka air laut akan memicu banjir lebih luas, mengasinkan air tawar, dan menggerus kawasan pesisir.
Mencermati resiko yang akan kita hadapi seperti gambaran IPCC diatas tentunya kita tidak boleh berdiam diri. Oleh karenanya harus ada langkah-langkah nyata dalam memberikan sumbangsih terhadap kelestarian alam baik di tingkat individu maupun secara kolektif. Menurut saya secara sederhana yang dapat kita lakukan untuk berpartisipasi menjaga alam sekitar adalah :
1. Memperbanyak tanaman hijau disekitar pekarangan anda.
2. Mengurangi pemakaian plastik
3. Mendaur ulang sampah (tergantung kreativitas anda)
4. Membakar sampah plastik dan sampah sejenis yang tidak mampu diurai tanah
5. Mengajak keluarga, teman dekat dan orang lain agar lebih peduli terhadap lingkungan sekitar..
Untuk sementara cuma ini yang mampu saya bagi kepada semua sahabat dan ingat sekecil apapun yang kita lakukan tidak akan sia-sia karena pada hakikatnya menjaga alam adalah menjaga eksisntensi manusia itu sendiri...
salam greener...

0 comments:

Posting Komentar

DigNow.net
My Ping in TotalPing.com
Entertainment blogs

AddThis

Bookmark and Share
Bloggerian Top Hits
Movie & Film Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Entertainment Blogs
Indonesian Blogger
Add to Technorati Favorites
free counters